Safety Riding Rally

stiker.jpg

Jakarta, 29 April 2007

Lewat tajuk Safety Riding Rally, pihak POLDA METRO JAYA bekerja sama dengan WAHANA/HONDA mengajak secara aktif seluruh insan pengguna jalan raya untuk selalu patuh hukum dan diantaranya adalah kampanye maksimalisasi fungsi helm, penyalaan lampu di siang hari dan penggunaan lajur kiri bagi kendaraan roda dua.

Dan hari itu pula KHCC (karisma_honda cyber community / karisma_honda@yahoogroups.com ) menjadi  bagian dari ratusan bahkan ribuan bikers yang turut mengisi acara Safety Riding Rally dan mendukung secara penuh sikap aman berkendara di jalan raya.

Dengan sikap jalan santai dan tidak mengejar waktu, grup 2 KHCC menikmati seluruh jalur perjalanan POLDA-Slipi-Mal Taman Anggrek-Tomang-Gn Sahari-Jatinegara-Kp Melayu-Gatsu-Pancoran-Pasar Minggu-Depok-Cibubur. Satu grup yang diisi dengan 10 motor berjalan beriringan dan tetap pada peraturan awal panitia yang mengharuskan peserta tetap mematuhi seluruh rambu dan marka jalan sepanjang rute, satu hal yang teramat sulit diterapkan oleh bikers awam secara umum. Sembari berkampanye kepada sesama pengguna jalan pada kisaran jam 12 siang regu kami pun sampai di tujuan di kawasan wisata Cibubur.

Setelah lelah menikmati goyang dangdut dan gelak tawa serta aksi porno baik dari dangduters maupun sexy dancer (hihihihii ……. ) kami pun mendapatkan reward nya :
YUP .. JUARA FAVORIT dengan hadiah sebesar rp.500,000.-. Entah seperti apa mekanisme penilaian yang digunakan panitia, reward ini pun menjadi pemicu bahwa bikers KHCC kedepannya harus lebih baik dalam meningkatkan rasa aman berkendara baik bagi diri sendiri maupun pengendara lain.

berikut link yang dapat teman2 miliser nikmati
Foto : http://ridesafe.multiply.com/photos/album/31
Klip dangdut : http://ridesafe.multiply.com/video/item/41
also posted at https://lampuhijau.wordpress.com

— andry —
KHCC 011

Kaki turun dan Handle Rem ?

disadur dari postingan milis FSRJ, InBike dan Karisma_Honda !

Mau lempar topik simpel ajah 🙂

   1. Ketika motor hendak berhenti, kaki mana yang bro-bro turunkan lebih dulu (kanan atau kiri) dan apa alasannya ? Gue liat di MotoGP para pembalap turun kaki kanan dulu saat berbaris di garis start.
   2. Ketika menggenggam rem depan, genggaman seperti apa yang bro lakukan ? Satu-dua jari atau Empat jari. Konsep kursus SR menginformasikan bahwa handling rem yang baik yaitu dengan menggenggam dengan empat jari. Gue liat di MotoGP (saat angle jarak dekat) setiap pembalap hanya menggenggam dengan satu jari.

Huehuehuee .. mbandingin kok dengan pembalap MotoGP .. yah namanya juga ingin tau 🙂
Monggo diskusi 🙂

 kita ikuti hasil diskusi di milis yah 🙂
Continue reading

“Kok helmnya dipeluk terus?”

thinklogo.jpg

 posted by Edi Caplang di milis Forum Safety Riding Jakarta

“Ayah, bangun dong..!”
“Siapa yang akan mengantar aku pulang?”

Itulah kalimat yang keluar dari mulut si gadis cilik berumur 5 tahun.
Sambil memeluk helm, ia terus mengguncangkan tubuh ayahnya.
Sementara sang Ayah tetap terbujur kaku.
Ayahnya meninggal akibat kecelakaan yang menimpanya.

Seseorang bertanya kepada si anak…
“Namanya siapa?”
“Aku Tini”, demikian jawab si gadis cilik.
“Nama ayahnya siapa?”
“Ayahku bernama Pak Eko”, sambil tersedu.
“Rumah kamu di mana?”
“Aku nggak tau…”jawab si gadis lagi.

“Kok helmnya dipeluk terus?”
“Iya tadi kata Ayah, helmnya aku pegang aja soalnya deket kok”

Ah ternyata kali ini sang Ayah salah.
Jarak yang dekat tidak menjadi jaminan keselamatan.
Aku tinggalkan si gadis cilik sejenak.
Masih bisa kudengar kalimat yang diucapkannya :
“Ayah, bangun dong.”
“Aku mau pulang.”
“Ayo antar aku pulang…”

*Diceritakan kembali oleh Kompol Warsinem, Kasi Dikmas Ditlantas Polda Metro
*nama tokoh hanya rekayasa

THINK! Motorcycle Safety Video Clips

we have used them for educational purposes only to inform everybody that motorcycling is a fun, yet dangerous, activity and proper precautions must never be forgotten.
(http://www.thinkroadsafety.gov.uk/)

Perhatikan cara berkendara pada klip tersebut dan sadari bahwa berkendara is a joyful moment ketika bro/sis semua menerapkan safety and econo riding

Konstruksi Velg

 

Kamis, 12 April 2007.
Pernahkah mengira kenyamanan berkendara ternyata dipengaruhi oleh part-part terkecil yang ada di kendaraan sekalipun ?
Ketidak nyamanan mulai terasa di tiga hari terakhir saat hand grip bagian kiri merasakan adanya getaran. Getaran tersebut terasa saat kendaraan melaju dalam kecepatan sedang yang membuat genggaman kiri memegang lebih erat ketimbang genggaman kanan. Seperti biasa pengusutan baru akan dituntaskan saat libur tiba dan hari Kamis kemarinlah perburuan penyebab di investigasi.

1.Komstir. Datang ke mekanik langganan dan langsung mencoba kendaraan dan memang menemukan adanya getaran dan rem depan yang tidak mulus seperti biasanya. Kanvas rem lalu dibersihkan dan dinyatakan laik jalan.
2.Bearing/Laher. Ban depan digoyang dalam keadaan standar tengah dan tidak menemukan adanya kelainan.
3.Ban. Tekanan ban tidak cukup sehingga kadang membuat kendaraan berjalan oleng dan rem depan tidak mengunci mulus. Ban seperti berhenti secara tersendat. Investigasi dinyatakan OK dan hanya cukup menanbah angin sesuai beban jalan.
4.Akibat pentil ban yang terlalu dalam, kendaraan mencari pompa alternatif di tukang tambal ban sebelah bengkel.

dsc00326.jpg

Kerumitan pun tiba. Akibat pentil ban yang terlalu dalam, pemompa ban tidak dapat mengisi sempurna dan pelan-pelan mengurangi tekanan ban hingga akhirnya habis. Percobaan ternyata tidak semudah yang dibayangkan hingga akhirnya ban dilepas dari motor. Continue reading

Soal Tilang

tilang.jpg

Dear All Brothers…..

Ini ada informasi dan tips yang mungkin dah pernah di bahas..
tapi alangkah baiknya kalo kita kaji lagi dech
gak rugi kan???

==========================

Tidak usah takut atau males kalau mengurus tilang di pengadilan,
kalau anda melakukan secara resmi anda pun akan membantu pendapatan
Negara Indonesia dibandingkan membantu pendapat segilintir polisi,
lagipula denda yang dibayar pun lebih mahal daripada denda resminya,
jadi Mulailah Dari Diri Anda Sendiri, berikut ini adalah tips-tips
dalam menangani pelanggaran lalu lintas :

1. Kalau anda ditilang di jalan sebenernya ada dua pilihan (saya
juga baru tahu), form biru dan form merah

2. Form biru adalah kalo anda terima kesalahan anda (artinya anda
gak perlu berdebat ama hakim). Dgn form ini anda bayar dendanya di
BRI yg ditunjuk, abis bayar denda resmi ke BRI, ambil SIM ato STNK yg
disita ke kantor Ditlantas POLDA Metro di Pancoran, gedung baru,
sebelum Gelael arah cawang. Disini ada ruang khusus loket Tilang,
ruang tunggu nyaman ber-AC, dengan hiburan SateliteTV.

3. Form merah artinya Continue reading

Konvoi oleh Sipil

Mencermati postingan bro Febil di milis karisma_honda@yahoogroups.com perihal pengawalan oleh sipil, gw langsung ngebut browsing cari pembenaran tentang segala hal berbau pengawalan. Salah satunya tertuang di link berikut pp43tahun1993.pdf . Lihat dari Bab VIII Tata Cara ber lalu lintas Pasal 51 dst. Kalau kembali ke kasus Febil, keutamaan pengawalan ada di Pasal 65 mengenai skala prioritas mereka yang  berhak mendapatkan nilai plus di jalan raya. Implementasinya kembali pada personal yang berhak mengatur lalu-lintas dan bukan dari warga sipil.

Sipil ? Hmmm .. bagaimanapun gw gak setuju sipil ikut2an menjadi pengatur jalan, tapi situasi dan kondisi serta tradisi memaksa kita bergerak diluar etika kenyamanan berkendara. Kita bisa apa ? Bagaimanapun caranya pengawalan dilakukan hendaknya juga menghormati hak-hak pengguna jalan yang lain.

———

isi milis (unedited) : Dear Bro,Hari kamis malam sekitar pukul 23:00 gw melintas dari Jl. Casablanca
lalu memasuki Jl.DR.Saharjo menuju Kalibata/Ps.Minggu, bersamaaan
dengan itu melintas pula ambulans dengan sirinenya dengan di ikuti
oleh beberapa mobil dan di kawal oleh beberapa Bikers dari salah satu
organisasi biker yg sudah cukup kita kenal. Sempat mengikuti
rombongan tersebut karena searah menuju kalibata/Ps.minggui sebelum
akhirnya gw tinggalkan di daerah pancoran.Ada yang mengganjal di fikiran gw mengenai Tata Cara pengawalan yg
dilakukan para Bro Bikers tsb, Continue reading