Siapa bilang Berkendara itu Mudah ?

Anggapan bahwa berkendara adalah suatu hal yang mudah agaknya mesti sedikit demi sedikit ditepis. Awareness itu saya dapatkan selepas mengikuti pelatihan ala JDDC (*Jakarta Defensive Driving Consulting) di salah satu perusahaan pertambangan di bilangan TB Simatupang Jakarta. Sikap tadi sebenarnya sudah saya tanamkan sejak mengenal dunia bikers, tapi paska pelatihan tersebut kesadaran akan arti keselamatan berkendara semakin berlipat.

8 dari 10 kecelakaan jalan raya melibatkan kendaraan roda dua, apa mau kita terlibat di dalamnya? Entah menjadi penyebab atau justru menjadi korban. Menganggap remeh berkendara sepertinya lumrah terlihat di setiap kendaraan yang lalu lalang di jalan raya. Sopan santun berkendara kadang tertutup oleh sikap egois dan pamer skill yang justru mengundang bahaya bagi pengendara sekitar.

Sabtu 12 Januari 2008, saya ditemani pak Jusri* hampir sepanjang sesi pelatihan, saya hadir bukan sebagai peserta resmi tapi cenderung sebagai pelajar yang selalu berusaha tidak mengedipkan mata saat para instruktur memberikan ilmunya kepada seluruh peserta pelatihan. Tangan terbuka pak Jusri sudah terlihat dari awal dimana beliau tanpa sungkan mendampingi saya sepanjang sesi kecuali saat beliau tampil di depan sebagai instruktur. Mungkin bisa dianggap hari itu saya tandem bersama beliau.

Continue reading

Advertisements

EMPAT MATA dan SAFETY

Langsung saja gue mo ngucapin terima kasih buat kru EMPAT MATA yang telah memberikan waktunya kepada pihak-pihak yang perhatian dengan masalah penegakan kedisiplinan yang berkaitan dengan Aman Berkendara, dalam hal ini pihak yang menjadi bagian dari acara adalah DEPARTEMEN PEHUBUNGAN DARAT dan YAMAHA.

Kamis, 22 November 2007, EMPAT MATA menampilkan topik SAFETY yang menampilkan 4 bintang tamu + 1 band MOCCA yang berbicara perihal Safety dalam berbagai aspek kehidupan. Meski sempat ragu karena pada awal hingga pertengahan acara tidak terdapat sedikitpun pembicaraan seputar dunia bikers dan Aman Berkendaranya padahal sempat masuk postingan di mailing list bahwa topik malam itu lebih berat membicarakan sisi Safety dalam berkendara.

Tapi akhirnya .. 2 sesi take terakhir, EMPAT MATA mengajak maju salah satu perwakilan DepHubDar Bp. Iskandar untuk berdiskusi tentang kampanye yang tengah giat dijalankan Departemen Perhubungan Darat bareng dengan Yamaha Indonesia. Diskusi berjalan seputar tanya jawab Tukul dengan nara sumber beserta solusi nya. 3 Continue reading

Sekilas tentang GRSP – MOT Helmet Action Plan Work Shop

 grsp.jpg

” Kematian dan luka berat akibat kecelakaan sepeda motor telah menjadi factor dominan pada situasi trauma jalan di Indonesia, jika diperhatikan secara seksama kecelakaan tertinggi terjadi pada jalan jalan utama di luar kota pada beberapa propinsi di Indonesia, Saya mencatat bahwa sepanjang periode libur lebaran tahun ini, liputan internasional melaporkan 322 orang tewas dan 75 % diantaranya pengendara sepeda motor…” Demikian diantaranya sambutan Robert Klein, GRSP Regional Programme Director East Asia pada pembukaan Work Shop Action Plan for Helmet Wearing di Hotel Four Sesion Jakarta 5-6 Nopember yang lalu.

Global Road Safety Partner Ship ( www.grsproadsafety.org), bekerja sama dengan Sekeretariat Jenderal ASEAN, dan Negara kelompok GRSP telah melaksanakan work-shop penggunaan Helm di Negara Negara Asean seperti Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Malaysia dan di Indonesia.
Di Indonesia Work-Shop ini dilakukan atas kerjasama GRSP Indonesia dan Departemen Perhubungan, Work shop yang bertujuan membentuk rencana aksi penggunaan helm di Indonesia sebagai entry point untuk masalah keselamatan di Jalan ini, diikuti oleh pejabat dari Departemen teknis terkait, Akademisi, Sektor swasta dan tentu saja masyarakat pengguna sepeda motor.

Dari Pengguna sepeda motor yang diundang oleh panitia adalah Forum Safety Riding Jakarta, yang kemudian mengirimkan Syamsul-M ( HTML ), Lucky ( Yamaha Jupiter Owner Community ) dan Rio ( Daihatsu Taruna Club – Brigade Motor Club) , sebenarnya dari kalangan pengguna sepeda motor selain FSRJ, juga tampak terlihat hadir di work shop itu, seperti Suharjo Nugroho ( Jojo, HTML ), tapi kehadirannya membawa bendera sektor swasta.

Continue reading

KHCC Road Safety Campaign

Review kampanye Tertib Lalu Lintas ala KHCC ada disini : kampanye KHCC

gatsu.jpg

(KHCC) Kampanye Lalu Lintas

spanduk-03.jpg

Click  kampanye-khcc.pdf to view Karisma_Honda Cyber Community Safety Road Campaign.

 Will be held on August 5th, 2007 on Pancoran Jakarta.

Tumplek Blek 2007

img_1098.jpg Tumplek Blek Day One
12 Mei 2007

Bikers pun bisa belanja! Itulah yang terjadi hari ini dan juga besok. Buat yang single mungkin ga ada batasan waktu buat mereka untuk berputar-putar arena tapi buat yang sudah berkeluarga hhmmm … sang anak dan istri pun harus rela mengikuti kemauan si kepala keluarga. Salut buat panitia yang menyediakan arena bermain untuk keluarga buat mereka yang mungkin malas berputar-putar menemani para bapak untuk window shopping kebutuhan kendaraan.

Puluhan stand baik yang menggunakan tenda ataupun menggelar dagangan di rumput mampu menarik lirikan pengunjung, terserah pengunjung apakah berakhir dengan transaksi atau hanya sekedar bertanya-tanya.

Gue ? akhirnya membawa pulang jaket bikers merk CONTIN, shock breaker 38 cm NICETECH, tas HP, gantungan ID Card OTOMOTIF dan glove produksi DTMC. Total ? wah ga usah di broadcast deh, cek sendiri aja ke arena event. Secara umum gelaran Tumplek Blek tertata baik mulai dari penataan stand, arena modifikasi, arena bermain, dan kantin tapi sayang gue td ga menemukan WC umum xixixiii … ga tau dimana tp daripd muter2 nyari mending langsung cabut ke kantor.

Monggo dilihat dokumentasinya di http://ridesafe.multiply.com/photos/album/37 

Fans Gathering Marco Melandri

melandri_gathering.jpg 

7 Mei 2007
13:00 – selesai

Pihak CASTROL senin ini dengan resmi mengundang pembalap tim MOTOGP Honda Gresini Racing MARCO MELANDRI untuk hadir di Indonesia dalam rangka peluncuran produk baru Oli Castrol spek Racing.

Continue reading