EMPAT MATA dan SAFETY

Langsung saja gue mo ngucapin terima kasih buat kru EMPAT MATA yang telah memberikan waktunya kepada pihak-pihak yang perhatian dengan masalah penegakan kedisiplinan yang berkaitan dengan Aman Berkendara, dalam hal ini pihak yang menjadi bagian dari acara adalah DEPARTEMEN PEHUBUNGAN DARAT dan YAMAHA.

Kamis, 22 November 2007, EMPAT MATA menampilkan topik SAFETY yang menampilkan 4 bintang tamu + 1 band MOCCA yang berbicara perihal Safety dalam berbagai aspek kehidupan. Meski sempat ragu karena pada awal hingga pertengahan acara tidak terdapat sedikitpun pembicaraan seputar dunia bikers dan Aman Berkendaranya padahal sempat masuk postingan di mailing list bahwa topik malam itu lebih berat membicarakan sisi Safety dalam berkendara.

Tapi akhirnya .. 2 sesi take terakhir, EMPAT MATA mengajak maju salah satu perwakilan DepHubDar Bp. Iskandar untuk berdiskusi tentang kampanye yang tengah giat dijalankan Departemen Perhubungan Darat bareng dengan Yamaha Indonesia. Diskusi berjalan seputar tanya jawab Tukul dengan nara sumber beserta solusi nya. 3tersebut … pengendara defensif lebih OK lho. Plus peragaan perlengkapan standar yang diwakili bro Joel Mastana, salah seorang praktisi dan instruktur Safety Riding Nasional yang malam itu juga menjadi pengundang rekan-rekan FSRJ.

Lepas seputar tanya jawab, plasma di panggung menimpalkan anomali para pengendara mulai dari berkendara sepeda motor ber-5, membawa barang melebihi kapasitas hingga fenomena mudik. Semua tampil begitu apa adanya sehingga diharapkan pemirsa yang sedang menikmati EMPAT MATA mau merenungkan kembali pentingnya berkendara dengan aman.

Sesi terakhir lah yang menjadi kebanggaan tersendiri di hati saat Pepi demo mengetuk 2 jenis helm dengan palu. Standar tes di SNI yaitu menjatuhkan besi tajam secara horisontal dipraktekan dengan menggunakan palu dan mengetuk helm cetok serta helm standar (open face/half face). Hasilnya? Yang cetok robek dan yang open face tetap tampil bagus tanpa lecet karena dilapisi lapisan yang berkualitas. Meski helm berkualitas tinggi tidak bisa dijadikan jaminan nyawa dapat selamat, paling tidak faktor penggunaan helm dengan benar (pasang dan ikat hingga klik) dapat mengurangi resiko cedera di kepala.

Two thumbs up lagi ketika helm cetok yang sudah rusak dijadikan bola tendang oleh Tukul dan Pepi, salut …. karena itulah yang harus diperlihatkan ke khalayak banyak bahwa menggunakan helm non-standar adalah pilihan yang SALAH.

Overall, ending acara berakhir baik dan semoga dapat tertanam di benak pemirsa tentang visi dan misi apa itu Aman Berkendara. Meski hanya diberikan jatah kurang lebih 30 menit tapi itu sudah cukup bahwa awareness media tentang keselamatan dan kepedulian pentingnya sebuah keselamatan telah baik dan ini lah yang akan terus diperjuangkan oleh pihak-pihak yang peduli akan keselamatan di jalan raya.

Kelar acara semua bubar dengan tertib dan tetap dengan satu umpatan …………. GA ADA SESI FOTO. Grrrr ……….

(*thanks to rekan-rekan FSRJ yang barengan hadir dan bro Joel thanks berat atas ajakan dan undangannya)


<B 6123 KMJ Blaze Red Vario>

2 Responses

  1. waaaaduuuh…kalo tahu ada acara seperti itu mau dong saya diajak……
    Buat bahan blog juga…hehehehehehe…..

  2. @ nadi –> heheheee … itu aja kita dapet undangan dadakan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: