Helm ga Penting ah !!

dsc01395.jpg

Setiap hari berkendara ada saja penampakan mereka yang menganggap keselamatan itu adalah hal sepele. Tiga tes kasus dari tiga penampakan di jalan raya yang saya hampiri memilliki jawaban yang seragam tentang fungsi helm, yaitu “TIDAK PENTING”.

1.Di perempatan Grogol menuju arah Daan Mogot. “mbak pake donk helmnya?!” sembari melihat gemas si perempuan menenteng helm half face sementara si pria cuek bebek. “ga ah mas! dah deket kok!”
2.Di jalur menuju stasiun Senen. Si pria terus menggerutu agar si pembonceng mengenakan helm cetoknya. Saya lalu pun meminta juga, “ya udah pake aja deh mbak helmnya?!” sembari terus melirik wajah cantiknya yang terus menenteng helm cetoknya. Jawabannya tetap “ga usah ah!”
3.Di jalur menuju Pemancingan Pd.Kopi, “loh, mbak … kok ga pake helm ?”, wajah manisnya hanya cengar-cengir tanpa memperhatikan si kecil yang duduk di depannya sekalipun.

Dengan kata lain, piranti HELM dari tiga tes tadi bukanlah sebuah piranti yang penting bukan ? Manajemen resiko yang seharusnya dipahami oleh pengendara maupun pembonceng menjadi poin yang tidak perlu diketahui pendalamannya. Apa yang terjadi jika mereka terjatuh dan mereka terluka tanpa proteksi sedikitpun. Mereka mau menyalahkan siapa selain diri mereka sendiri. Jika mereka selamat dari dan ke tempat tujuan, itu hanyalah sebuah keberuntungan semata dan bukan dari skill atau pemahaman mereka dari konsep Aman Berkendara. Ironis !!

Mari tetap mengenakan helm saat berkendara di jalan raya, pahami dan kenali situasi jalan raya di sekeliling anda dan buatlah daftar resiko yang bisa saja membuat anda terluka. Helm ada untuk dipakai dan bukan hanya sekedar aksesoris dan bahan bergaya.

<HELMET ON CAMPAIGN>

pic : pribadi

6 Responses

  1. kyknya skrg tu, “gaya” no 1

    terus terang saya heran, kenapa banyak perempuan yang ga mau menggunakan helm *terkadang laki2 juga*
    takut rambutnya rusak yah??

  2. kalau di jalan, helm ga keliatan pentingnya
    coba sekali2 susur gua; helm jadi barang wajib, kalo ga mau kepala lecet atau bocor karena stalaktit, atap gua, atau batu2 yang jatuh,,,
    salam kenal…

  3. klo dah mesra kayak gini,biasanya juga lupa semua mas…
    termasuk ma keselamatan sendiri…
    heee…
    aku juga sering gitu…
    jd maaalu….

  4. th orang pngen cpet mati x, makanya dya gak pke helm. mang hampir semua sepeda motor kadang2 ga pke helm, tp gak cuma itu aja bnyak sepeda motor apa algi yang gak punya sim pasti nglanggar kayak kagak npke helm, ngelawan arah, belok gak pke sen, sering nyerobot, jalan di trotoar, jaln di jembatan penyebrangan, parahnya klo di tabrak marah2, tapi klo nabrak kabur.

  5. YwDAH KLO GtU BLI TrUK AJACH
    MunGkin mAS & mBak mAu msRaaN truZZ
    Klo adA truK kaN anGin`a kYa d paNtai
    sMMMMirrriwink!!
    jDI tMnah mSra deCh

  6. Kalau helm udah tentu atribut yang penting banget dong, dan gak ada ruginya juga kita pake helm, keamanan terjamin, rambut gak rusak,mata gak kena abu, kepala aman, gak kena panas, tambah keren, bisa gaya kalau helmnya oke, dan banyak lagi deh keuntungannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: