Sadar Keselamatan Diri Sendiri

Perlengkapan lengkap Aman Berkendara (*istilah kerennya Safety Riding) memang tidak menjamin kita mampu selamat dari kecelakaan tapi paling tidak perlengkapan yang memadai dapat mengurangi resiko cedera berlebih. Jadi inget beberapa cerita teman dibawah ini …

1. Helm tidak di-klik.
Sebut saja namanya Eben, kalo naik motor selalu menyepelekan bunyi klik yang seharusnya terdengar saat kita mengenakan helm. Cerita punya cerita di tengah perjalanan kepalanya benjol setelah terjatuh dari motor setelah helm nya terlepas dari kepala. Kok bisa lepas? Ya karena ga di klik sih. Kok bisa jatuh? Ya namanya jalanan siapa saja bisa berbuat kesalahan dan kali ini kesalahan dibuat pengendara motor batangan yang berjalan zig-zag. Seperti efek domino, ketika ada momen beradu satu sama lain, efeknya bagi yang sudah berhati-hati pun bisa ketiban sial. Dan kali ini menimpa si Eben, dah sial kena efek domino, eh tuh helm melejit dari kepala yang membuatnya terjatuh dan benjol. Beruntung hanya benjol, coba kalo kepalanya kesambar motor dari belakang. Iiihhh … serem deh. Yuk .. di klik helmnya, tapi liat lagi helm nya ! Cetok bukan? lha wong helm mahal aja bukan jaminan selamat apalagi model cetok. Pake Cetok? Goblok ! Ga pake? Apalagi !!

2. Kebetulan pake Sandal.
Nah yang ini namanya Sapto, sehari-harinya melintas di jalur Casablanca. Jalanan seperti menyimpan sebuah kejutan dan sewaktu-waktu kita sebagai pengguna jalan bisa menjadi penerima kejutan tersebut. Sehari-hari Sapto memang mengenakan sepatu untuk berkendara tapi ya dasar nya lagi apes, di hari yang cerah itu karena terburu-buru justru sepatu yang biasa dipakainya kini terlewatkan untuk dikenakan. Jadilah kita tengah melintas di Fly Over, entah tergerus aspal atau mungkin terbentur footstep motor lain, sukseslah punggung kakinya mengucurkan darah segar. Kejadian kecil yang seharusnya bisa diantisipasi oleh sebuah sepatu tapi justru hanya membuahkan penyesalan karena sifat terburu-burunya. Sepatu menjadi perlengkapan standar berkendara karena memang memberikan perlindungan, tentunya kembali ke kualitas sepatu itu sendiri. Dan jika kita sudah berniat melindungi diri sendiri sedari awal, semoga kejadian kucuran darah itu tidak menimpa diri kita.

3. Salahkan pak Polisi !!!
Kemacetan sudah tidak bisa dihindari lagi dan memang sudah menjadi menu utama berkendara sehari-hari. Kejadian sedikit berbeda di pagi hari yang cerah ini. . Tapi jarak antara wilayah Cipinang menuju Mal Ambasador tidak bisa dikatakan dekat. Macet sih biasa dan sebisa mungkin kita menikmati kemacetan tersebut karena memang jumlah kendaraan sudah tidak sesuai dengan luas jalan. Apa lacur, ternyata sumber kemacetan pagi ini adalah sekelompok orang yang tengah parkir di ruas jalan yang seharusnya menjadi space jalan kendaraan. Entah tengah menjalani kegiatan ibadah ya hanya mereka yang tau karena efeknya membuat sengsara ratusan kendaraan yang tumplek blek sembari beberapa mengucap sumpah serapah. Motor-motor besar petugas dari Kepolisian ternyata juga tampak ditengah kerumunan, alih-alih mengurai kemacetan, mereka justru sibuk dengan obrolan pinggir jalan sembari bercanda satu sama lain baik sesama petugas maupun jemaat. Sebuah kondisi yang seharusnya ga boleh terjadi. Apa hubungannya sama Safety Riding nih? .. Ya tinggal dihubungkan aja karena bicara Safety Riding ga melulu soal piranti standar keselamatan, tapi juga sikap sabar dan disiplin serta saling hormat menghormati sesama pengguna jalan.

Beberapa cerita di atas telah di modifikasi sesuai pesan yang di inginkan penulis.

One Response

  1. – untung helm gw ada bunyi kliknya….
    – untung punya septi sus….
    – untung ga punya rumah di pinggir jalan raya…
    – untung ga rugi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: