Matic dan Kecepatan

img_1513.jpg

Ngelirik Spidometer pagi ini dan waksss … secara ga sadar posisi jarum dah melewati angka 60km/h dan pelan-pelan nyentuh 90km/h saat berada di trek lurus. Shit .. dalam hati, ini kecepatan yang jarang gue kembangkan karena sejauh ini setia untuk terpatok di angka 60. Hhhmmm … perubahan jenis motor dari cub ke matic dah terbukti merubah karakter berkendara karena moda matic menyimpan pengoperasian yang relatif mudah dan tanpa sadar mengangkat kita menjadi penyuka kecepatan karena kitiran gas seperti spontan untuk terus naik. Jika tidak terhalang kepadatan lalu lintas tentunya akselerasi di luar kebiasaan ini pasti berlanjut pada jalur-jalur berikutnya.

Gue harus cepat sadar karena ini berbahaya, piranti keselamatan yang terpakai tidak sepenuhnya menjamin jika terjadi hal-hal diluar dugaan. Dan idealnya, kenalilah karakter kendaraan anda, maksimalkan kekuatan yang dimiliki dibarengi dengan pemikiran yang cepat tanggap terhadap lalu lintas sekitar.

Perilaku tadi sebenarnya dipicu oleh salah seorang rekan yang menasihatkan untuk memaksimalkan masa inreyen hingga KM500 dan servis pertama dimana mesin dipaksa bekerja keras sedari awal agar komponen cepat terbiasa dengan karakter keras pada masa paska inreyen nanti. Tidak ada pengurutan gas dan coba memaksimalkan kapasitas bensin untuk mengukur boros tidaknya sebuah perjalanan yang dilayani oleh sebuah motor matic. Hasil sementasa di KM yang sudah mau tembus 300, konsumsi bahan bakar Shell Super dengan lahap menghabiskan 10ribu rupiah per hari.

Kembali ke soal kecepatan berkendara, pelan-pelan waktunya mempelajari karakter kendaraan dan memaksimalkan kemampuan yang dimiliki.

(pribadi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: