Mata Vs Helm

squadron_blk_01.jpg

( source : Forum HVC )

Waktu itu salah seorang teman bikers dari sebuah hotel mengeluhkan matanya yang sakit, karena makin lama matanya merasa perih akhirnya ia pergi ke dokter mata.ketika sampai ke dokter, ia bertanya tentang rasa perih dimatanya tersebut dan dokter bertanya kepadanya mencari tahu penyebab perih di matanya. Setelah Sesi tanya jawab yang panjang, akhirnya dokter menyimpulkan bahwa terdapat kesalahan sang bikers dengan penggunaan helm nya.

Lhoo kok jadi merembet ke helmnya ??? ya, karena ia menggunakan helm cetok….makin aneh

begini….
kita lupa akan bahaya dan terhadap kesehatan tubuh kita. Helm cetok selain riskan untuk keselamatan juga riskan terhadap debu yang masuk langsung kemata kita, helm cetok biasanya tampa kaca pelindung, kalaupun ada tetap saja angin tetap masuk terkena langsung ke mata (biasanya helm cetok disertai kaca pelindung yang hanya seadanya, melindungi hanya dari batas atas hidung) dan angin dapat langsung mengenai mata yang menyebabkan mata kering dan iritasi karena banyaknya debu yang masuk ke mata kita sehingga lama-kelamaan retina bisa rusak dan lama -kelamaan dapat membuat mata minus, begitu menurut dokter mata tersebut. dan akhirnya teman gue itu dianjurkan memeriksa keadaan matanya…dan benar saja…ia sudah mencapai min 2.
dan ia harus menebus kacamata dan perawatan dokter mata tersebut agar dia dapat bekerja kembali dengan baik dengan biaya 250 rb, walaupun seharusnya dengan biaya tersebut dia bisa saja membeli helm yang lebih safety.

dokter tersebut juga menyarankan, memilih helm bukan sekedar gaya dan keren saja, tetapi lebih memikirkan fungsi, dan faktor keamanan keseluruhannya, dia mencontohkan penggunaan kaca helm cembung seperti yang sedang ngetrend sekarang ini sebenernya hanya didesain fungsi stylenya saja tanpa melewati tahap pengetesan lebih lanjut. kaca helm cembung itu, menurut dokter tersebut, membuat mata bekerja lebih keras karena sifat bias cembungnya, sehingga mata cepat lelah dan lama kelamaan mata bisa rusak.

mungkin, dari nasehat dokter tersebut, kita dapat mengambil kesimpulan, gunakanlah helm yang baik yang tidak membuat mata cepat lelah, atau menggunakan kacamata dalam mengendarai motor untuk menghindari kontak langsung dengan debu jalanan, jadi bukan sekedar style saja

2 Responses

  1. betul juga tuh bro, terima kasih atas info nya. gw mau sharing aja nich, gw pernah baca email tentang orang yang di dalam matanya ditemukan ulat. karena matanya tidak terlindungi, debu dan telur ulat masuk ke dalam mata orang tersebut.

  2. bener banget pake Helm Full Face..
    Indera penglihatan adalah Vital tuk kehidupan…. janganlah dirusak anugrah yg tak ternilai ini…

    Beli motor bisa, koq beli helm ndak….?

    be safety, always….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: