Penempatan Posisi Jari Pada Tuas Rem

Banyak yang merasa bingung tentang bagaimana posisi jari yang benar saat berkendara agar siap dan sigap untuk menekan tuas rem apabila terjadi pengereman. Ada yang bilang dua jari saja cukup (jari telunjuk dan jari tengah), ada yang bilang tiga jari (juga) saja cukup tapi ada juga yang mengatakan empat jari.

Dilema ini muncul karena ada sebagian bikers yang beranggapan bahwa menggunakan dua atau tiga jari tidaklah aman karena cenderung posisi gas belum “tertutup” sehingga motor pun masih melaju dan pengereman tidak sempurna. Sementara ada juga yang beranggapan bahwa pengereman dengan empat jari terasa janggal dan tidak bisa memegang kendali pada kemudi (stang) apabila terjadi sesuatu karena jari yang tersisa pada grip gas hanyalah jempol.

Sebenarnya dua atau tiga jari sudah cukup karena dengan jari tersebut anda sudah maksimal melakukan penekanan tuas rem dan masih ada tiga atau dua jari lagi yang menempel pada jari grip gas yang dapat mengendalikan kemudi (stang).

Apabila terjadi sesuatu, sebenernya ini semua tergantung kebiasaan dan kenyamanan pengendara itu sendiri. Jadi semua tergantung pada pengendaranya mana yang lebih yakin menurut caranya. Tapi yang harus diingat adalah konsep pengeremannya. Tutup gas baru tekan remnya, terserah anda mau menggunakan berapa jari yang penting tutup gasnya dulu baru tekan tuas remnya.

Selamat berkendara.

source : M+

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: