Konstruksi Velg

 

Kamis, 12 April 2007.
Pernahkah mengira kenyamanan berkendara ternyata dipengaruhi oleh part-part terkecil yang ada di kendaraan sekalipun ?
Ketidak nyamanan mulai terasa di tiga hari terakhir saat hand grip bagian kiri merasakan adanya getaran. Getaran tersebut terasa saat kendaraan melaju dalam kecepatan sedang yang membuat genggaman kiri memegang lebih erat ketimbang genggaman kanan. Seperti biasa pengusutan baru akan dituntaskan saat libur tiba dan hari Kamis kemarinlah perburuan penyebab di investigasi.

1.Komstir. Datang ke mekanik langganan dan langsung mencoba kendaraan dan memang menemukan adanya getaran dan rem depan yang tidak mulus seperti biasanya. Kanvas rem lalu dibersihkan dan dinyatakan laik jalan.
2.Bearing/Laher. Ban depan digoyang dalam keadaan standar tengah dan tidak menemukan adanya kelainan.
3.Ban. Tekanan ban tidak cukup sehingga kadang membuat kendaraan berjalan oleng dan rem depan tidak mengunci mulus. Ban seperti berhenti secara tersendat. Investigasi dinyatakan OK dan hanya cukup menanbah angin sesuai beban jalan.
4.Akibat pentil ban yang terlalu dalam, kendaraan mencari pompa alternatif di tukang tambal ban sebelah bengkel.

dsc00326.jpg

Kerumitan pun tiba. Akibat pentil ban yang terlalu dalam, pemompa ban tidak dapat mengisi sempurna dan pelan-pelan mengurangi tekanan ban hingga akhirnya habis. Percobaan ternyata tidak semudah yang dibayangkan hingga akhirnya ban dilepas dari motor. Motor menggunakan merk ROCHELL size 185 (depan-belakang) dan ternyata lubang pentil ditemukan tidak center yang akibatnya dapat mengikis ulir karet yang ada pada pentil ban tubeless Mizzle yang digunakan. Percobaan hingga 2 pentil ban tubeless pun sia-sia hingga pentil ban mobil tubeless pun tidak menyelesaikan masalah karena kecil dan tidak centernya lubang pada velg (foto terlampir).
Hasil akhir memaksa dua sisi karet pentil ukuran besar dipakai pada sisi luar dan dalam velg ROCHELL tadi.
Masukan buat rekan bikers bahwa dalam pembelian velg kita harus lebih teliti kembali dalam melihat konstruksi velg entah velg itu berkualitas rendah atau tinggi sekalipun. Getaran yang semula dikira dari komstir hingga laher ternyata timbul akibat tekanan angin yang berkurang secara halus dari tidak rapatnya karet penutup pentil yang tertanam pada velg.
Gila … setengah harian cuma gara-gara lubang pentil pada velg yang tidak center !!!

Ternyata kenyamanan adalah juga efek dari part-part kecil semodel lubang pentil pada velg.

dsc00327.jpg

 

— Andry —

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: