Santun di Jalan

thinklogo.jpg 

Ditengah lalulintas yang semakin tak terkendali, menyetir ugal ugalan justru akan memperburuk keadaan, sudah saatnya kita semua sadar diri dan berusaha menjadi pengguna jalan yang baik, maka bila mengendarai kendaraan sebaiknya :

1.      Mempersilahkan kendaraan lain untuk melaju lebih dulu bila kendaraan tersebut mendekat dengan kecepatan tinggi.

2.       Jangan malah tancap gas bila lampu kuning telah menyala, pejalan kaki, pengendara motor atau mobil dari arah lain mungkin ada yang melintas karena berasumsi jalur anda sudah seharusnya berhenti.

3.      tanda untuk masuk kejalur anda, tapi juga jangan mengerem mendadak demi memberi jalan kepada kendaraan tersebut, karena hal ini justru akan membuat kisruh kendaraan yang ada dibelakang anda.

4.      Jaga jarak aman dengan pengendara lain   agar aman bila ingin pindah jalur atau bila kendaraan didepan anda mengerem mendadak anda punya ruang lebih untuk menginjak rem tanpa harus menyerempet kendaraan lain.

5.      Tidak ngebut diwilayah pemukiman karena biasanya banyak melintas hal tak terduga, seperti anak yang melaju dengan sepedanya.

6.      Ingatlah bahwa trukpada umumnya susah untuk direm, maka jika mau menyalip tunggu sampai supir truk tampak dikaca spion, hindari untuk berjalan bersebelahan dengan truk gandeng, bila anda tak bisa melihat supir truk gandeng itu, kemungkinan si supir truk gandeng juga tak bisa melihat anda sehingga jika si truk ingin berpindah ganti jalur bukan tidak mungkin ia akan langsung berbelok karena dikiranya jalur itu kosong.

7.      Bila berada di jalur cepat jangan menyetir lebih lambat dari kendaraan lain yang ada dijalur tersebut, demikian juga sebaliknya jika menyetir dijalur lambat, bila ingin menyalip dijalur lambat tunggu giliran yang tepat.

8.      Bila melihat, mendengar atau mencium ketidakberesan pada kendaraan, segera pinggirkan kendaraan agar tidak mengganggu laju lalulintas.

9.      Pengendara yang baik adalah pengendara yang bisa  mengantisipasi perubahan lalulintas dan mempersiapkan diri untuk menyesuaikan kecepatan, jalur dan arah perhatian yang dibutuhkan.

10.   Akhirnya, utamakan keselamatan anda dijalan raya, Karena keselamatan , keamanan dan kenyamanan berkendara  lebih penting dari apapun saat berkendara.

logo source : http://www.gloucestershire.gov.uk/media/images/thinklogo.jpg

KOMPAS, Jum’at 16 Maret 2007

Edited by Adhies

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: